Sabtu, 19 September 2020

LANGKAH-LANGKAH MENGUNGGAH KONTEN AUDIO, VIDEO ATAU PDF DI SUMBER BELAJAR

     


    Unggah konten melalui fitur Sumber Belajar dapat dilakukan oleh siapapun yang memiliki konten pembelajaran dan memiliki akun Rumah Belajar. Unsur-unsur yang terlibat dalam proses pengunggahan konten pada fitur Sumber Belajar adalah : 


1. Pengunggah konten terdiri dari akun personal (baik guru, siswa, Duta Rumah Belajar, hingga umum), akun satuan kerja atau instansi di luar pengembang Rumah Belajar, dan akun internal pengembang 

2. Pengkaji melakukan verifikasi konten yang dikirim pengunggah, kontrol kualitas dilakukan pada aspek media dan substansi konten. 

3. Pengelola konten terdiri dari admin, teknisi, dan manajemen terkait kuantitas serta aspek-aspek konten lainnya

Jadi konten yang diunggah oleh pengguna tidak akan langsung publish, melainkan perlu melewati tahap verifikasi. Konten akan publish setelah lulus verifikasi, atau dikembalikan ke pengunggah apabila belum lulus verifikasi.  

Alur proses mengunggah konten dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:



LANGKAH-LANGKAH MENGUNGGAH KONTEN AUDIO, VIDEO ATAU PDF DI SUMBER BELAJAR :

1. Buka rumah belajar sumber.belajar.kemdikbud.go.id. kemudian Login dengan user rumah belajar, Google atau Facebook 

2. Perhatikan kolom di sebelah kiri kemudian klik tombol tambah konten

3. Setelah itu perhatikan sebelah kanan kemudian tentukan konten anda berdasarkan kurikulum dan non kurikulum (Pengetahuan umum/Populer). Dan Lengkapi Identitas konten

4. Klik Atur Thumbnail

5. Jika Semua form sudah diisi dan thumbnail sudah diatur kemudian  scrol lagi ke atas lalu klik tombol simpan

6. Sekarang Klik Menu Konten saya, jika berhasil unggah konten akan berada di Folder Menunggu, Jika Konten sudah di setujui oleh Tim Pengkaji otomatis terpublish dan tampil di sumber belajar dan begitupun sebaliknya jika tidak disetujui maka akan diposisi ditolak.

Semoga Panduan Mengunggah Konten Digital di Portal Rumah Belajar ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kontribusi konten dari para pengguna. 

Selamat mencoba


6 komentar: