Selasa, 20 Oktober 2020

Vlog Penerapan Model Flipped Classroom dengan Memanfaatkan Rumah Belajar

 


Pada dasarnya konsep Model Flipped Classroom yakni aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan di kelas sekarang dapat diselesaikan di rumah, dan aktivitas pembelajaran yang biasanya dikerjakan di rumah sekarang dapat diselesaikan di kelas (Bergmann & Sams, 2012). Peserta didik membaca materi, menonton video pembelajaran sebelum mereka datang ke kelas dan mereka mulai berdiskusi, bertukar pengetahuan, menyelesaikan masalah, dengan bantuan peserta didik lain maupun pendidik, melatih peserta didik mengembangkan kefasihan prosedural jika diperlukan, inspirasi dan membantu mereka dengan proyek-proyek yang menantang dengan memberikan kontrol belajar yang lebih besar.

Model ini memungkinkan untuk melakukan inovasi pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dengan sambungan internet terbatas. Peserta didik dapat mempelajari materi secara online di rumah misalnya melalui youtube kemudian di sekolah peserta didik dapat melakukan presentasi, berdiskusi kemudian mengerjakan tugas-tugas secara offline.

SMP Negeri 1 Pamotan adalah salah satu sekolah di Kabupaten Rembang yang melaksanakan pembelajaran tatap muka, dimana peserta didik masuk sekolah secara bergantian yaitu setengah dari jumlah peserta didik. Jam pembelajaran dilaksanakan 4 jam pelajaran, setiap jamnya 45 menit.  

Langkah-langkah Penerapan Model Flipped Clasroom dengan mengintegrasikan Portal Rumah Belajar :

1. Guru mengshare tentang Materi Sistem Pencernaan Makanan dari Sumber Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id//#!/Content/Home/Details/0c8e89bc3e2146a981f8a53b40a9d87e  di group WhatsApp 2 hari sebelum pembelajaran tatap muka.



2. Peserta didik mempelajari video pembelajaran yang dishare guru dari rumah. 

                        

3. Peserta didik membuat catatan tentang materi dari video pembelajaran yang belum dipahami sebagai bahan diskusi saat pembelajaran tatap muka.



4. Peserta didik dan Guru melaksanakan pembelajaran tatap muka kemudian berkelompok untuk mendiskusikan materi yang belum dipahami oleh peserta didik pada saat mempelajari materi video pembelajaran



5. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 



6. Guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan soal quizizz. 



7. Guru memberikan materi berupa video pembelajaran untuk pertemuan berikutnya




Demikian Penerapan Model Flipped Classroom dengan Memanfaatkan Rumah Belajar. Semoga bermanfaat..



Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.
Merdeka Belajarnya Rumah Belajar Portalnya Maju Indonesia.



#PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK